Perangkat Input dan Output Komputer
Perangkat Input dan Output –
Komputer memiliki perangkat yang terdiri dari perangkat input dan
output. Perangkat input maupun output mempunyai peranan penting dalam
mengerjakan fungsinya masing-masing. Selain itu ada juga yang disebut
sebagai hardware dan software.
Input dan output
biasanya dilambangkan dengan I/O, merupakan sistem mikroprosesor yang
dipakai untuk menghubungkan perangkat luar dengan komputer. Benda yang
termasuk dalam perangkat input dan output diantaranya mouse, keyboard,
flashdisk, joystick, monitor, serta printer.
a. Perangkat Input Komputer
- Keyboard
- Mouse
- Touch Pad
- Light Pen
- Scanner
- Joystick
- Trackball
- Kamera Digital
- Handycam
- Webcam
- Graphic Pad
- Barcode Reader
- Microphone
- Finger Print
- Card Reader
- CD Room (I/O)
- Flashdisk (I/O)
b. Perangkat Output Komputer
- Monitor
- Printer
- Plotter
- Headphone/Earphone
- Proyektor
- Speaker
Untuk lebih jelas dan
mendalam, simak artikel berikut. Berikut akan dijelaskan mengenai input
dan output device, mulai dari pengertian hingga contohnya.
Pengertian Input

Input adalah masukan.
Jadi, perangkat input pada komputer berarti perangkat masukan yang
memberi perintah langsung berupa informasi digital pada pengguna. Benda
ini dapat dilihat dan diraba, bukan seperti perangkat lunak komputer
yang sifatnya tidak dapat diraba karena berupa 2 dimensi.
Perangkat input
merupakan perangkat pendukung yang berfungsi untuk memudahkan pengguna
dalam menggunakan alat komputasi ini. Berikut ini adalah daftar contoh
input device beserta penjelasannya.
1. Keyboard

Keyboard ialah alat
untuk memasukkan data yang berupa huruf, simbol, angka, dan lain-lain.
Dengan perangkat keyboard kita bisa membuat teks, laporan, dan
sejenisnya. Untuk huruf, terdapat huruf A sampai Z; sedangkan angka, ada
angka 0,1, hingga 9.
Selain itu dapat
memasukkan tanda baca koma, titik, perintah, tanya. Juga ada simbol
garis miring, titik dua, kurung, persen, pagar, bintang, tanda kutip,
dan lain sebagainya. Keyboard mengalami pengembangan beberapa kali
sehingga terdapat berbagai macam varian port, seperti port serial, PS/2,
wireless, dan USB.
2. Mouse

Mouse merupakan
perangkat input yang digunakan untuk menunjuk posisi pointer atau kursor
pada layar. Mouse ialah istilah pinjaman dari bahasa Inggris yang
artinya tikus. Bentuknya pas untuk genggaman tangan dan ukurannya kurang
lebih sama dengan rata-rata ukuran tikus.
Terdapat dua tombol
yang bisa diklik dengan jari telunjuk dan jari tengah. Orang menyebutnya
klik kanan dan kiri. Masing-masing tombol memiliki fungsi berbeda. Klik
kiri mempunyai fungsi seperti enter atau menunjukkan OK. Sedangkan klik
kanan memiliki beberapa pilihan menu.
3. Light Pen

Light pen (pena
cahaya) ialah sejenis piranti layar sentuh sebagai pengganti jari
tangan. Sebagai salah satu perangkat input atau input device pada
komputer, light pen sering dipakai untuk keperluan grafis, atau
menggambar.
Bentuknya sangat
portable seperti pulpen dan bisa mengeluarkan sensor cahaya saat ujung
pena digoreskan pada layar monitor. Jadi kita dapat menulis maupun
menggambar dengan mudah. Layar monitor mampu merekam tiap baris per
detik sebanyak 6 sinyal elektronik.
Monitor yang dapat
menerima sinyal cahaya dari light pen bukanlah monitor sembarangan,
melainkan monitor yang mempunyai kabel penghubung. Contohnya Notebook
Sharp. Pemakaian light pen digunakan untuk program tertentu seperti
Computer Aided Design (CAD) atau Computer Aided Manufacturing (CAM).
4. Touchpad

Touchpad merupakan perangkat input yang bekerja layaknya mouse, yaitu sebagai penunjuk pointer atau kursor.
Bedanya, mouse
tergolong portable device yang dapat dipasang dan dilepas. Kalau touch
pad biasanya terdapat pada laptop / notebook yang sudah terpasang
permanen. Cara menggunakannya hanya dengan menggerakkan jari pada
permukaan touch pad.
5. Scanner

Scanner memiliki
fungsi untuk menampilkan / mengcopy teks atau gambar melalui layar
monitor dan dapat disimpan berupa file. Hasil copy-annya sangat mirip
mulai dari warna dan bentuk. Untuk ukuran bisa diedit sesuai dengan
kebutuhan.
Mesin scanner zaman
sekarang fungsinya bisa merangkap sebagai mesin fotokopi, dan printer.
Ketiga tugas penting dalam percetakan ini dapat ditemukan dalam satu
alat (3 in 1).
6. Joystick

Joystick ialah alat
berupa tuas dan bisa bergerak ke segala arah. Kegunaannya untuk
mentransmisikan arah pada permainan video game. Perangkat ini dilengkapi
dengan tombol-tombol untuk melakukan beberapa fungsi dan tugas.
7. Trackball

Trackball merupakan
benda kecil bulat yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah. Benda ini
terdapat pada mouse, biasanya terletak di tengah atas. Fungsinya untuk
menggerakkan layar secara vertikal (naik / turun). Trackball memudahkan
pengguna dalam menggeser atau memindahkan halaman.
8. Kamera Digital

Kamera digital adalah
perangkat yang ada pada laptop berupa kamera kecil yang terpasang di
dekat monitor bagian atas. Bisa juga berupa kamera portable yang dapat
terhubung ke komputer dengan kabel. Kamera ini bisa mengambil foto
maupun video, dan menyimpannya di dalam perangkat komputer atau laptop.
9. Handycam

Fungsi Handycam tidak
jauh beda dengan kamera digital. Sesuai dengan namanya, handycam
sifatnya sangat handy, bisa dibawa kemana-mana.
Dapat digunakan untuk
merekam video, melakukan foto, dan dapat menyimpannya dalam ukuran
tertentu. Selain itu juga bisa membagi / sharing / transfer file berupa
soft copy ke perangkat lain.
10. Webcam

Webcam fungsinya tak
jauh beda dari kamera digital. Webcam adalah kamera yang terhubung ke
web, bisa untuk melakukan panggilan video (video call) dan berfoto.
Biasanya input device ini terpasang pada komputer dan diletakkan di atas
monitor. Bentuk webcam mini seperti kamera CCTV dan dapat merekam jika
diaktifkan.
11. Graphics Pad
Graphics pad
merupakan perangkat keras yang dipakai untuk menggambar sketsa. Alat ini
dapat memungkinkan pemakainya menggambar dengan tangan layaknya menulis
atau menggambar memakai kertas. Jika menulis di atas kertas menggunakan
pensil atau pena, piranti ini menggunakan perangkat khusus yang
dinamakan light pen.
12. Barcode Reader

Barcode sering kita
jumpai di kemasan produk-produk yang diperjual belikan di pasaran. Ada
alat khusus untuk membaca data pada barcode. Piranti ini termasuk dalam
input device atau perangkat input komputer. Data pada barcode yaitu
berupa kumpulan data optik atau berbentuk kode batang / simbologi linear
/ satu dimensi (1D).
Piranti satu ini
biasanya ada di toko swalayan untuk mentranskripsi kode batang barcode
suatu produk. Alat barcode memudahkan tugas manusia agar lebih efektif,
efisien dalam bekerja. Sehingga pelayanan di toko pun menjadi lebih
cepat.
Pengertian Output

Output berarti
‘luar’. jadi perangkat output atau output device adalah piranti pada
komputer yang dapat menghasilkan atau menampilkan keluaran (output) dari
hasil pengolahan data. Data diolah oleh komputer lalu dikeluarkan
berupa produk.
Alat yang mampu
menghasilkan produk dari olahan data komputer inilah yang disebut
perangkat output. Produk itu bisa berupa suara, video, cetakan
(hardcopy), teks, gambar, foto, dan sebagainya. Berikut ini adalah
contoh alat-alat output.
1. Monitor

Monitor adalah
keluaran yang berupa sinyal elektronik sehingga menghasilkan gambar yang
sering kita lihat di layar monitor. Gambar tersebut hasil dari
pemrosesan data. Resolusi gambar tiap monitor berbeda-beda.
Resolusi mempengaruhi
ketajaman gambar. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin bagus
gambarnya. Ukuran monitor pun berbeda seperti televisi yang memiliki
bermacam ukuran. Perangkat satu ini merupakan ragam soft copy device
dengan bentuk flat (layar datar), layar cembung.
Terdapat berbagai
jenis monitor, yaitu monitor LCD, tabung sinar kathoda, monitor plasma,
dan monitor OLED. Monitor LCD (Liquid Crystal Display) merupakan media
penampil yang memakai kristal cair.
LCD ini dapat kita
temui pada alat elektronik, contohnya kalkulator, televisi, notebook,
dan layar komputer. Beberapa kelebihan LCD diantaranya hanya membutuhkan
daya listrik rendah, mengeluarkan panas sedikit, tipis /flat, dan
beresolusi tinggi.
Tabung sinar katode
(cathode ray tube / CRT) biasanya digunakan dalam televisi, layar
komputer, oskiloskop. Piranti satu ini ditemukan oleh Karl Ferdinand
Braun. Pada abad ke 20 CRT banyak dipakai oleh orang-orang untuk
menonton tv yang sering disebut tv tabung. CRT pada TV tabung ini
dikembangkan oleh Philo Farnsworth.
Sinar katode
dihasilkan dari katode yang diberi energi panas di dalam sebuah vakum
sehingga menghasilkan aliran elektron dengan kecepatan tinggi.
Selanjutnya, monitor
plasma mulai digunakan sekitar tahun 1970 dan diciptakan oleh Donald L.
Bitzer dan H. Gene Slottow tahun 1964.
Terakhir, monitor
OLED (Organic Light-Emitting Diode) ialah semi konduktor yang terbuat
dari lapisan organik dan bertugas sebagai pemancar cahaya. OLED biasanya
dipakai dalam elektroluminensi, contohnya pada apk tampilan layar.
Teknologi diode cahaya organik ini ukurannya sangat tipis sekitar 1 mm
atau kurang.
2. Printer

Perangkat keras
printer berfungsi untuk mencetak data dari komputer, baik berupa teks
maupun gambar / foto. Cetakan dari printer berbentuk hardcopy yang
dicetak di atas kertas. Alat utama untuk menghasilkan cetakan adalah
tinta dan tinta bubuk (toner).
Perbedaannya terletak
pada sistemnya. Tinta atau sembur tinta tidak membutuhkan pemanasan,
sedangkan tinta bubuk (laser) butuh pemanasan.
Mesin printer
sekarang mempunyai banyak jenis dan dilengkapi dengan fitur yang lebih
canggih. Satu piranti tidak hanya satu fungsi, tetapi memiliki beberapa
fungsi, seperti scan, print, fotokopi.
Saat ini ada mesin
cetak versi baru yang dapat menghasilkan cetakan dalam bentuk 3D.
Perangkat cetak 3 in 1 ini memudahkan pekerjaan penggunanya, entah itu
yang bekerja di institusi negeri, swasta, perorangan, usaha percetakan,
maupun usaha rumahan.
Pencetak modem adalah
alat yang sangat canggih. Benda elektronik yang ada pada sebuah mesin
pencetak sama dengan benda elektronik yang terdapat pada komputer.
Mesin cetak memiliki 6
jenis yaitu Daisy Wheel, Dot Matrix, Drum, Laser, Chain, dan Ink-jet /
Bubble Jet. Sekarang perangkat cetak tersedia dengan kemampuan
multifungsi sehingga pekerjaan di bidang percetakan maupun penerbitan
menjadi lebih mudah.
3. Plotter

Plotter merupakan
printer grafis yang mampu menggambar grafis berdasar data yang
dimasukkan. Plotter mampu mencetak gambar dengan menyesuaikan ukuran
blueprint arsitektur dan engineering.
Alat output ini
dibagi menjadi 3, plotter Gerber Infinit, Mechano, dan Final. Selain
ketiga macam plotter tersebut, masih ada jenis plotter lainnya, seperti
plotter pena, elektrostatis, thermal, pemotong, dan format lebar.
Plotter pena
menghasilkan keluaran berbentuk garis kontinyu pada plastik transparan
atau kertas. Plotter elektrostatis memanfaatkan energi listrik agar
menarik tinta pada kertas. Kemudian tinta dicairkan melalui pemanasan.
Kualitasnya memang
tidak sebaik plotter pena, namun plotter elektrostatis memiliki
kecepatan yang lebih tinggi dibanding jenis pena. Selanjutnya, plotter
thermal bisa dipakai pada film buram maupun kertas. Caranya yaitu
memanfaatkan energi panas supaya terbentuk gambar.
Lalu plotter pemotong
mempunyai fungsi untuk memangkas karet, gabus, vinyl, dan sebagainya.
Alat ini biasanya dimanfaatkan pada industri pakaian atau sepatu untuk
membuat pola dan memotong. Plotter format lebar banyak dimanfaatkan oleh
perusahaan grafis. Piranti ini mampu menghasilkan cetakan berwarna
dengan format lebar.
4. Speaker

Speaker ialah
perangkat keras yang dapat menghasilkan data berupa audio / suara.
Piranti ini bisa juga disebut sebagai pengeras suara, karena mampu
mengeluarkan volume suara yang menggelegar.
Berbeda dengan
earphone yang sifatnya private, suara hanya bisa didengar oleh pengguna.
Sedangkan speaker mengeluarkan gelombang suara yang sifatnya keras
sehingga orang di sekitar bisa mendengar.
Speaker cocok
digunakan ketika ada acara besar atau ingin menikmati musik kencang agar
gelombang suara mencapai ke telinga pendengar, walaupun dengan jarak
beberapa meter dari sumber suara.
Speaker ukurannya ada
yang besar dan kecil. Kini, model dan teknologinya makin canggih, salah
satunya terdapat tambahan fitur bluetooth, sehingga tak perlu kabel
sebagai penghubung.
5. Headphone / Earphone

Earphone atau
headphone berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan data berupa audio
tanpa bantuan speaker. Perangkat ini dapat dipasang pada telinga
pengguna sehingga hanya pengguna yang mendengar suara yang muncul dari
komputer. Selain itu, piranti ini juga dapat dipakai untuk berbicara
karena ada perangkat komunikasinya.
5. Proyektor

Perangkat keras ini
merupakan sejenis alat optik, berfungsi menampilkan gambar di layar
proyeksi atau benda lain yang dapat menerima pantulan cahaya. Ada
berbagai jenis proyektor, yaitu proyektor LCD, proyektor film, slide,
overhead, dan proyektor proyeksi.
Perangkat output satu
ini mengintegrasikan sistem optik, sumber cahaya, dan display, lalu
memproyeksikan video atau gambar ke layar atau dinding.
Demikian artikel singkat mengenai
penjelasan alat alat input dan output pada komputer beserta dengan
pengertian, gambar dan contoh alat I/O input output device. Semoga
artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya .. #WASSALAM
Tidak ada komentar